Rites of Hajj

“Ayahku ‘Umar bin Khattab. Bercerita kepadaku sebagai berikut :“Pada suatu hari, ketika kami sedang berada di sisi Rasulullah saw. Sekonyong-konyong muncul di hadapan kami seorang laki-laki berpakaian sangat putih, dan berambut sangat hitam. Tidak terlihat padanya bekas perjalanan dan tidak seorangpun di antara kami yang mengenalnya. Dan ia langsung duduk ke dekat Nabi saw. Lalu disandarkannya lututnya ke lutut Nabi. Dan diletakkannya kedua telapak tangannya ke peha Nabi. Ia berkata :”Ya Muhammad. Terangkan kepadaku tentang Islam”.“Jawab Nabi saw, “Islam ialah : 1. Mengaku tidak ada Tuhan, selain Allah dan Muhammad Rasulullah”. 2. Mendirikan Sholat” 3. “Mengeluarkan / Membayar Zakat”. 4. “Puasa pada Bulan Ramadhan”. Dan 5. “Haji ke Baitullah. Jika engkau sanggup me laksanakannya”. “Engkau benar !” Kata orang itu. Ayahku bergumam : “Kami heran terhadap orang itu, ia yang bertanya, tetapi ia pula yang mengatakan benar”, kata Ayahku. Kemudian orang itu berlalu. Tetapi tidak berapa lama antaranya. Rasulullah Saw. bertanya kepadaku, “Tahukah engkau, siapakah yang bertanya tadi ?” Jawabku “Allah dan Rasul-Nya yang labih tahu”. Dan Sabda Rasulullah Saw : “Ia adalah Jibril ! Ia datang kepadamu mengajarkan Agamamu”.

(H.R. Muslim. Juz I . halaman : 1)

 

 

“Dan (ingatkanlah peristiwa) ketika Kami tentukan bagi Nabi Ibrahim tempat Kaabah (untuk membinanya, lalu Kami berfirman kepadanya): “Janganlah engkau sekutukan sesuatu pun denganKu, dan bersihkanlah rumahKu (Kaabah ini bagi orang-orang yang tawaf, dan orang-orang yang berdiri dan yang rukuk serta yang sujud (mengerjakan sembahyang). Dan serukanlah umat manusia untuk mengerjakan ibadat Haji, nescaya mereka akan datang ke (rumah Tuhan)mu dengan berjalan kaki, dan dengan menunggang berjenis-jenis unta yang kurus yang datangnya dari berbagai jalan (dan ceruk rantau ) yang jauh.”

Surah Al Hajj, ayat 26-27

Inshaallah ruang ini untuk berkongsi pengalaman, tips ‘Do’ and ‘Don’t’ dan lain-lain. Semoga memberi manfaat.

1 thought on “Rites of Hajj

  1. Alhamdulillah, I have recently completed the Fifth Arkan of Islam, the Hajj with my beloved wife. May Allah accept our Hajj. Just want to share some tips and the do’s and dont’s pre hajj and during the rites of Hajj itself.

    I will start with the booking process for the trip for Hajj. In Ireland, the Manasik Tour (www.gohajj.ie) is one of the agent that handle the jamaah for the rites of Hajj. You can google it up for it’s website. They will need your passport, your translated marriage certificate – if you are going with your wife (you can do this in Dublin Mosque if you have not done so) and a copy of your GNIB card if you are not an Irish passport holder. They normally ask all this a few weeks before the departure date. However, payment is made around June to July.

    To be continued

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.